Tips menghindari penipuan jual beli online


Di era yang serba digital ini ternyata bukan hanya informasi saja yang di berikan kemudahan accesnya tetapi transaksi jual beli pun juga ikut merasakan kemudahannya. Saya banyak mengikuti group atau forum jual beli di akun sosial media saya, mulai dari group facebook, WA, BBM, kas-kus, dll. Ya saolnya saya juga mempunyai bisnis online jual beli jadi wajar kalo forum jual beli saya banyak.

Jujur saja forum/group ini sangat lah membantu saya untuk meningkatkan omset penjualan saya, karena sebelunya saya hanya promosi di akun pribadi bukan di group artinya saya hanya menawarkan ke orang – orang yang saya kenal saja. Tapi dengan ikut di sebuah group saya dapat menjangkau target promosi saya lebih banyak. Akan tetapi akhir akhir ini saya banyak menjumpai adanya keluhan penipuan di transaksi jual beli dari mereka.

Banyak sekali jenis penipuan yang di lakukan oleh okmun yang tidak bertanggung jawab ini mulai dari tidak mengirim barang setelah pembeli mentranfer uang, atau mengirim barang tetapi tidak sesuai seperti apa yang di iklankan.

Nah kesempatan kali ini saya mau berbagi tips dari pengalaman saya agar terhindar dari penipuan online baik untuk penjual atau pun pembeli. Soalnya yang bisa menipu bukan hanya penjualnya aja lho terkadang pembeli pun juga bisa menipu.



Tips membeli barang online yang tidak bisa bertemu dengan penjualnya langsung.

1.      Tanyakan terlebih dahulu deskripsi barang yang akan kita beli, kita hendak membeli barang secara online kita sebagai pembeli wajib menanyakan terlebih dahulu barang yang akan kita beli.

misalnya mau membeli barang elektronik, kita tanyakan dulu kondisi barang seperti apa, kelengkapannya apa saja, jika kita beli barang second  kita juga wajib menanyakan apakah ada kekurangannya atau tidak.

Atau membeli pakai.an, atau barang-barang lainnya kita wajib menanyakan deskripsi barang dan cara penggunaannya juga.


2.      Minta kontak person si penjual barang usahakan bisa di hubungi lewat telepon, setelah kalian tau dan sudah cocok dengan deskripsi barangnya langsung kalian minta kontak personal si penjual/pelapaknya. Ini bertujuan sebagai konfirmasi lanjutan supaya kita lebih yakin dengan barang yang akan kita beli. Dan untuk memastikan agar barang benar -  di kirim ke alamat anda(pembeli).


3.      Minta foto Identitas penjual,  jika kalian membeli barang melalui forum atau group di media sosial seperti facebook, WA, kas-kus atau forum lainnya kalian bisa meminta foto identitas si penjualnya bisa foto e-KTP atau identitas lain yang bisa di pertanggungjawabkan, ini untuk menghindari penipuan online yang kerap terjadi saat ini. Tetapi jika kalian membeli barang ke toko online seperti bukalapak, shoppie, toko pedia dan market place lainnya kalian gak perlu menanyakan soal identitas penjualnya karena barang sudah pasti di kirim dan pihak owner berani bertanggung jawab atas barang yang anda beli.


4.      Saat melakukan pembayaran pastikan nama rekeningnya sesuai dengan data di identitas yang di kirimkan sebelumnya, jika data rekening bank dan identitasnya sama maka kecil kemungkinan penjual ini akan menipu kita. Jika si penjual hendak menipu, kita akan mudah untuk melacaknya karena kita sudah memiliki data identitasnya.



Akan tetapi terkadang ada juga penjual online yang identitasnya berbeda dengan data rekening banknya. Misalnya para penjual olshop yang menggunakan rekening bersama.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari penipuan yang menggunakan rekening bersama ini?

Kalian minta saja bukti – bukti transaksi atau bukti pengiriman barang yang pernah penjual itu lakukan.


5.      Testimoni, silahkan kalian lihat dlu feedback costemer atau testimoni orang yang pernah membeli barang melalui penjual tersebut. kalian bisa melihat keaktivan penjual di akun pribadinya. Seorang olshop yang terpercaya biasanya akan sering mengupload testimoninya di akun pribadinya seperti facebook, ig, Wa, BBM, dll.


6.      Buat video unboxing ketika barang sudah di kirim ke alamat anda, ketika barangnya sudah anda terima dari kurir pengantar paket sebaiknya jangan langsung di buka isinya ya, tapi siapkan dulu kamera kemudian kalian buat video preses pembukaan paket tersebut. Cara ini berfungsi sebagai bukti jika barang yang anda terima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi yang di berikan oleh penjual seblumnya dan kalian bisa komplain.



Itulah 6 tips untuk belanja online agar terhindar dari penipuan ketika anda sedang belanja online yang tidak bisa bertemu dengan penjualnya langsung. Nah selanjutnya akan saya bagikan lagi tips agar terhindar dari penipuan belanja online tapi iki ini kita bisa ketemu langsung dengan penjualnya atau yang biasa di sebut COD.

Ternya meskipun kita bisa bertemu langsung dengan penjual dan bisa melihat barang yang akan kita beli secara langsung juga itu belum tentu kita akan terhindar dari penipuan juga lho.! Pernah saya mengalami hal tersebut saat itu saya mau membeli HP second Iphone 5s, waktu saya baca di iklan yang dia (penjual) posting di group fb kondisi barangnya mulus dan tanpa ada kendala. Kemudian saya ajak ketemua si penjual tersubut dan saya melihat langsung barangnya emang benar kondisi fisik Hpnya masih bagus tapi sayangnya si penjual itu tidak tau Icloud iphone tersebut, bilangnya dari dia beli dia gak ada icloudnya, itu sangat gak mukin kalo menurut saya. Dari pada saya akhirnya saya membatalkan transaksi itu. Hampir saja saya tertipu dengan iklan yang dia pasang. Takutnya saya kalau hp yang dia (penjual) jual adalah hasil dari barang curian.

Nah berikut berikut saya akan kasih tips agar terhindar dari penipuan jual beli online yang bisa bertemu langsung dengan penjual.


1.      Lakukan COD di tempat yang ramai, pernah teman saya hendak beli HP dan akan melakukan COD dengan si penjual. Saat itu si penjual mengajak teman saya ini ketemu di pinggir jalan dekat persawahan. Teman saya percaya saja dan dia mau ketemu disana bukannya mau ketemu untuk cek kondisi HP ehh malah motor temen saya di bawa kabur sama orang yang mengaku sebagai penjual HP tersebut. ternyata transaksi jual beli ini juga bisa menjadi modus kejahatan makanya kita harus lebih waspada ketika mau bertemu dengan orang yang baru di kenal.


2.      Ajak orang yang paham di bidangnya, misalnya kalian mau beli sperpart motor nah kalian ajak saja temen kalian yang sudah tentang sperpart motor tersebut, minta tolong temen anda untuk melihat kondisinya apakan masih layak di pakai atau tidak.


3.      Jangan melakukan pembayaran terlebih dahulu seblum kalian melihat barang yang akan kalian beli, saya pernah mengalami ketika hendak membeli kamera DSLR sebenarnya jarak antara tempat saya dan tempat si penjual masih bisa di jangkau saya tinggal di yogyakarta si penjual tinggal di semarang jawa tengah. Tetapi si penjual tersebut memaksa saya untuk mentransfer uangnya terlebih dahulu alasannya katanya kameranya sudah banyak yang menawar dia gak mau saya datang jauh jauh dari jogja ke semarang tapi begitu sampai sana kameranya udah terjual makanya dia menyuruh saya minimal untuk DP dulu sebagai tanda jadi. Tapi saya gak mau ambil resiko dilihat dari gelagat – gelagatnya sangat mencurigakan. Jadi kalian harus lebih berhati – hati ya dalam transaksi jual beli secara online maupun offline.

 saran
jika kalian hendak membeli barang online sebaiknya lewat marketplace terpercaya saja seperti bukalapak.com yang berani memberikan garansi uang kembali jika barang tidak dikirim.

Itulah beberpa tips dari saya berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika saya mulai terjun di bisnis online. Semoga pengalaman saya bisa menjadi pelajaran untuk kalian yang baru memulai di bisnis online. Jika informasi ini bermanfaat jangan lupa share ke teman – teman anda.

Post a Comment

0 Comments